Senin, 31 Maret 2014

MOVE UP

Tulisan ini untuk pembelajaran saya agar saya selalu ingat, dan izinkan saya berbagi sedikit semoga ada manfaatnya ...

No one perfect in this world....

pasti semua orang pernah dong ngerasain gagal. trus, ada yang berani dan ada juga yang takut untuk mencoba lagi. yang tahu adalah kamu, bukan orang lain.
saya juga baru saja gagal dan manusiawi banget kalau kita kecewa. tapi,  ada beberapa hal yang masuk ke pemikiran saya selama saya gagal. meskipun gagal itu terkadang membuat kita merasa kecewa dan sakit hati, tetapi ternyata ada banyak hikmahnya.

"kebahagiaan dapat ditemukan bahkan pada saat paling gelap, asal kita ingat untuk menyalakan cahaya."
-Dumbledore(Harry Potter and The Prisoner of Azkaban)-

mungkin saat kita gagal, tak perlu kita menyalahkan diri terus menerus. introspeksi itu penting, harus. tetapi, kita juga harus tenggang rasa sama keadaan hati kita sendiri. introspeksi itu bukan mencari kesalahan diri sendiri untuk 'memantaskan diri' gagal, tetapi mengevaluasi kesalahan untuk diketahui cara paling baik memperbaikinya. tujuan introspeksi, tentu saja menjadikan diri kita lebih baik dan salah satu tanda menjadi lebih baik adalah, bisa menerima kegagalan kita sendiri.
Move on? atau Move up?you say that u'll fall down when you are failed, so, we have to MOVE UP!! move up starts from looking up from the place u were fall. trus, temukan sendiri apa yang kamu lihat di atas, dan dari situ kita bisa tahu gimana caranya keluar dari sini, untuk memulai langkah baru.

nggak bisa dipungkiri bahwa kita akan jatuh, lemah, tak berdaya ketika kita gagal! ketika saya gagal, jujur saja saya sempat down dan sangat sedih. waktu pulang dari kampus, di jalan saya naik motor pelan-pelan. berusaha menerima kenyataan dengan bicara dan memberi pengertian pada diri sendiri, tapi itu memang tak mudah. lalu saya melihat kanan-kiri jalan. ada orang yang sedang tertawa, ngobrol di kios pinggir jalan, ada yang sedang makan dengan nikmatnya, ada anak-anak kecil yang berlarian seperti tak punya masalah hidup, ada juga seorang pedagang dengan wajah suntuknya karena dagangannya sepi, wajahnya seperti bingung memikirkan mau diberi makan apa anak-istrinya hari ini. lalu saya merasa, bahwa semua orang yang ada di dunia ini, di jalan yang sama dengan jalan yang saya lalui sibuk dengan urusan mereka masing-masing. sadarkah ketika kita menghadapi masalah mungkin kita senang mengeluh dengan orang lain. tetapi, bagaimanapun juga sama seperti ketika kita terluka, luka itu menempel di tubuh kita dan kita lah yang merasakannya. mengeluh boleh, tapi jangan bertujuan untuk membuat diri jadi semakin merasa down.luka akan sembuh kalau kita obati dan kita beri waktu. katakan beban kita pada mereka yang kita percaya untuk mendapatkan motivasi dari mereka yang bijak, orangtua atau sahabat misalnya. 

banyak mungkin, orang yang nggak percaya dengan kemampuan kita, meremehkan kita. tapi, mereka sebenarnya nggak tahu apa-apa kok! seorang guru pernah bilang sama saya gini, "hidup itu seperti tumbuhan wortel. daunnya ada di atas dan umbinya di bawah. manusia cuma bisa melihat apa yang ada di atas tanah, yaitu daunnya. sementara bagian yang berharga, umbinya, hanya Allah Yang Tahu. untuk tahu umbi itu, kamu harus menggali, baru kamu tahu." (Sulistiyoso HP-guru Kimia SMA N 1 Semarang). jadi, ketika kita merasa gagal pun, tetaplah menggali, jangan dengarkan orang-orang tidak positif dengan mimpi positif kamu.

ada sebuah lagu(lagu jadul sih)..tapi ketika saya down, mendengarkan lirik lagu ini cukup untuk membuat saya percaya bahwa kita bisa melewati kegagalan ini, dan kita bisa bangkit kembali dengan spirit yang baru, MOVE UP.


There's a hero...
If you look inside your heart
You don't have to be afraid of what you are

There's an answer...
If you reach into your soul
And the sorrow that you know would melt away

And then a hero comes along
With the strength to carry on
And you cast your fears aside
And you know you can survive
So when you feel like hope is gone
Look inside you and be strong
And you'll finally see the truth
That a hero lies in you

It's a long road
When you face the world alone
No one reaches out a hand for you to hold
You can find love...
If you search within yourself
And the emptiness you feel will disappear

And then a hero comes along
With the strength to carry on
And you cast your fears aside
And you know you can survive
So when you feel like hope is gone
Look inside you and be strong
And you finally see the truth
That a hero lies in you

Lord Knows!
Dreams are hard to follow
But don't let anyone tear them away
Hold on!
There will be tomorrow
In time, you'll find a way....




Yap. Mariah Carey's "Hero". jadi, katakan sama diri kita masing-masing, kalau di dalam diri kita itu ada pahlawan. saya dan kamu tidak boleh menyerah, karena kamu cuma ada satu di dunia ini...




ほら、足元を見てご覧!これがあなたに歩む道

ほら!前を見てご覧!あれがあなたの未来
(sepenggal lirik Kiroro-Mirai e)

in bahasa: 
lihatlah langkah kakimu! ini adalah jalan hidupmu
lihatlah ke depan sana! di sana itulah masa depanmu

so, untuk move up kita hanya perlu melihat ke bawah, and this is your path! dan melihat ke depan sana, that's your future!
semua udah punya jalan sendiri-sendiri, tak perlu berebut lintasan, tak perlu merasa iri. jalani jalan kita sebaik-baiknya... semua akan indah pada waktunya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar