Jumat, 23 Agustus 2019

Gadget Along My Life

Hai...
Akhirnya setelah sekian lama berkutat dengan kesibukan, sempat juga nengok blog dan menuliskan sesuatu disini. Entah mutu atau enggak wkwk, tapi aku percaya, catatan ini akan menjadi catatan tentang memori yang kupunya, sebagai generasi peralihan dari era berkembang ke era modern, seperti sekarang ini. Lebih tepatnya, aku mau share tentang perkembangan gadget selama hidupku, sampai saat ini, sesuai dengan judul postingan kali ini.
Well, hari gini siapa yang nggak ngerti smartphone? Hampir semua orang menghabiskan waktunya dengan menggenggam smartphone di tangan, menjelajah segala informasi dengan mudah. Tapi, bagaimana kehidupan sebelum ada smartphone? Especially, kehidupan anak muda transisi di era sebelum dan sesudah smartphone ada?
Well, a very big difference!

Okay, mulai dari gadget pertama yang aku punya. Gadget itu aku miliki sekitar kelas 5 SD. Dikasih sama budhe-ku. Sebuah telepon selular, merk nya Siemens tipe C25. Aku masih inget betapa berasa kerennya waktu aku punya HP waktu itu. Waktu itu gak semua orang punya HP. masih banyak banget yang pakai telepon rumah. Sebagai gantinya, kalau nggak punya telepon rumah, akhirnya orang beli telepon selular. Nah, jadi 1 ponsel ini selalu ditaruh di rumah, dan fungsinya, ya mirip kayak telpon rumah gitu. Model HP nya jadul banget. Berat, ada antena nya wkwk, layarnya kecil, suara monophonic, tombol ketikan nya ada 12, gak ada game, hanya kompatibel untuk sms dan panggilan suara. Aku isi pulsa perdananya waktu itu beli di counter, kartu GSM Mentari. Harganya mahal. 60k apa ya? Lupa...
Inget banget waktu HP ini dibawa mudik, bisa keluarin tulisan "CB Semarang", "CB GUBUG" dst ngasih info semacem GPS gitu. Berasa hebat banget HP nya canggih. Habis itu pulsanya langsung ludes. Hahaha...
Bisa apa aja pake HP itu?
Dulu selain sms an (yang daya tampungnya cuman 20 sms hapus cepet2 dihapus in wkwk), telepon pastinya iya. Karena ni HP pake bahasa Inggris, dulu aku nggak ngerti, ada tulisan "emrg call" *yg ternyata itu emergency call, dan aku sering banget telponan sama operatornya buat nanyain hal-hal gak penting...Yalord...
And di kemudian hari aku tahu, itu sebenarnya nomor polisi.

Next, bertahan sampe SMP, HP antena itu masih di rumah terus. Jadi nggak pernah bawa HP kemanapun. Tapi, waktu itu mulai ada anak yang bawa HP sendiri. Kalau di kelas, yah...mungkin 1 atau 2 anak aja yang bawa. Aku masih inget banget, dulu temenku ada yang bawa hp nokia dan kalo jam istirahat, kami semua pada ngantre buat mainan HP nya dia wkwk. Main snake atau bounce πŸ˜‚ . Ya, dengan sabar menunggu giliran. Wkwk. Trus, keren banget kalo liat temen bawa headset trus hp nya bisa dipake nyetel radio gitu haha. Kelas 1 SMP ini juga mulai kenal komputer, setelah main ke rumah temen dan dia punya komputer, trus diajarin...
Akhirnya aku punya HP sendiri pas kelas 2 SMP. Beli dari sodara, harganya 200K, merk motorola. Ini HP kecil banget warnanya kuning pokoknya cute! Trus udah polyphonic, bisa main game juga. Berasa seneng banget! Tapi, karena dulu masih bocah, gak terlalu gila gadget, ngecas sampe lupa waktu, lama banget sampe 2hari kalo gasalah #gubrak. Langsung tu hp gak mau nyala, ternyata kelamaan ngecas jadi gosong gaesss... XD
Pas di kelas 2 ini juga memenuhi rasa pengen ke warnet. Kan ada wartel, warteg, nah warnet tu apa, penasaran. Dari situ akhirbya kenal deh internet. Dari modal nyoba-nyoba. FYI, dulu aku ke warnet di depan komputer gak ngerti mau ngapain. Trus berakhir dengan main mines sweeper 🀣. Ke earnet gak bsia sering-sering karena gak ada duit. Jadi harus ngumpulin dulu. Bisa ke warnet 1 minggu 1 kali aja, sekali masuk 1 jam doang. Kalo lebih duit gak cukup wkwk. Paling suka main MiRC, kids zaman old pasti tau yaa...ni aplikasi random chat gitu.

Gak punya hp deh. Ditambah HP antena jaman SD juga rusak. Yaudah, kami nggak punya HP. sampek, pas kelas 3 SMP akhirnya kami kesampaian beli HP Nokia 1110i, waktu itu harganya sekitar 500an. warnanya silver, berasa keren banget punya tuh HP...udah polyphonic, dipake ngetik cepet juga. Ini HP ditaruh di rumah kayak yang dulu. Jadi milik bersama. Mulai agak addict pas ada HP ini. Selalu nungguin ortu nge sms orang sampe 10x, dapet bonus sms 100 kan, langsung deh tuh, kalo dpt bonus, bisa sms an sama temen-temen sepuasnya. Udah kelas 3 masih juga sering ke warnet buat ngerjain tugas, buat baca2 beritanya daniel radcliffe (waktu itu lagi suka banget sama harry potter), trus mulai kenal juga sama sosial media zaman old, called "Friendster". Tapi ya gak terlalu seru sih, orang buka nya seminggu sekali haha...
Btw, waktu kelas 3 SMP udah banyak temen yang bawa HP sendiri, udah mulai booming HP yang ada MP3, HP kamera, nokia N-GAGE, ponsel symbian ,trus HP Cina juga udah mulai masuk. Kalau mau transfer data, pake infrared. Inget banget dulu ada temen bawa HP gede yang bisa buat nonton TV. trus, kalo istirahat dia suka nyetel TV gitu. Yampun, istirahat 15 menit nonton TV dapet apaan yak...iklan doank wkwk. Tapi yaa namanya juga kami katro waktu itu, jadi ya kita happy aja nonton.

Lulus, masuk SMA, punya HP sendiri lagi. Merk nya Samsung SGH bla bla lupa...
Ada kameranya, VGA, yang kalo gerak dikit, langsung ngeblur fotonya wkwk. Di masa ini, terjadi peralihan HP yang tadinya pakai infrared, sekarang udah banyak yang pakai bluetooth.  Trus, HP ku ini bisa buat radio an ada earphone nya. Tapi gaada MP3. HP nya dikasih tali panjang yang kayak kalung itu. Jadi suka dikalungin trus HP nya dimasukkin saku seragam. HP ini udah bsia dipake buat internet (walau lemotnya setengah mati), bisa download aplikasi seperti game, opera mini, dll. Waktu itu mulai kenal sama facebook. Pas main ke rumah temen, dibikinin sama dia (main bareng-bareng, di rumah dia ada komputer. Kami pun ngantri buat dibikinin akun FB sama dia wkwk). Trus, di waktu ini juga mulai booming aplikasi MXIT. itu semacam aplikasi chatting. Cuman busa buat texting aja tapi. Di waktu itu, yang booming adalah HP nokia yang bisa diputer, apa ya, N90 kalo gak salah. Belum ada HP kamera depan. Jarang pake banget. Kalo mau selfie, harus ngepas2in sendiri.

SMA kelas 2 mulai keluar HP cina banyak banget. Aku beli second, merk nya D~One, ada kameranya agak besar, bluetooth, radio, mp3, game, internet. Tapi di waktu ini, komunikasi masih terus pakai sms dan telpin. Kalo mau pdkt sama orang, pake sms. Jadi udah jago banget namanya nyingkat ketikan, sampek ketikan gaya 4L4Y hahaha...enaknya HP jaman duku kebanyakan ketikannya 12 tombol, dan bisa dirasain (bukan touchscreen), jadi, kadang kalo mau nakal di kelas, bisa naruh tangan di dalem laci sambil ngetik sms (mukanya liat ke depan) dan ketikannya bener. Kalo sekarang, pake hp touchscreen, tombol qwerty, bisa gak ya? Wkwkwk.

Lulus SMA, kayak apa lagi perkembangannya? Tunggu postingan berikutnya yaa...

Rabu, 08 Mei 2019

Life is a Classroom

Jadi ceritanya malam ini tiba-tiba kepikiran hal ini, tentang sampai di mana saya berjalan dan apa hikmahnya. Semacam refleksi, evaluasi diri. Semoga saja saya menuju ke arah yang lebih baik.
Hari ini, dihubungi oleh salah seorang mantan murid. Dulu belajar lama sekali dengan dia. Melewati hari-hari menyenangkan dan menikmati dinamikanya sebagai seorang pengajar yang juga masih belajar. Murid ini, murid spesial. Umurnya lebih tua daripada saya. Dia, orang Jepang. Darinya, saya belajar banyak hal. Acapkali kita bertukar pikiran tentang kehidupan, saling membuka wawasan. Saya sangat suka dengan pribadinya, berharap, bisa open-minded seperti dia, bekerja sebagai seorang profesional dengan pandangan yang profesional pula. Dia juga orang yang sangat optimis, meyakini bahwa kita harus selalu mengusahakan yang terbaik. Dia juga orang yang passionate. Workaholic, tapi tahu bagaimana menikmati hidup dengan penuh pikiran positif, berusaha memahami apapun, selalu berfikir lebih dalam, tidak menilai segala sesuatu secara sekilas, sekali pandang. Cenderung fokus untuk melakukan yang terbaik, dan bukan menuntut orang lain untuk kasih yang terbaik untuk kita.
Intinya, banyak hal yang saya pelajari dari sosoknya.
Hari ini, setelah cukup lama, tiba-tiba datang sebuah WA darinya. Entah kenapa, jadi semacam moodbooster buat saya. Saya teringat lagi dengan banyak kata-kata yang pernah dia sampaikan. Saya nggak boleh menyerah dengan keadaan, ujian itu pasti, tapi kita harus tetap positif, biarin aja lingkungan kita mau gimana. Kewajiban kita adalah melakukan yang sebaik-baiknya.
Kemudian saya kembali merefleksi diri saya, sejauh ini. Well...ya...saya juga saat ini jadi seorang workaholic yang hampir nggak punya hari libur. Bisa dibilang, kalender saya hitam semua. Kenapa? Saya bekerja sebagai seorang freelancer di banyak tempat. Ini sudah saya kerjakan sejak sebelum lulus kuliah. Meskipun begitu, saya hanya menekuni pekerjaan freelance untuk satu bidang saja, yaitu pendidikan. Barangkali, itu sudah passion saya, dan mengerjakan pekerjaan saya sesibuk apapun rasanya menyenangkan. Lelah, itu pasti, tapi sisi happy nya lebih banyak. Bisa berbagi ilmu, bisa bersentuhan dengan banyak orang baru, dengan pemikiran yang baru, menjadi pelajaran baru pula.
Namun, di sisi lain, saya sering juga mendengar pernyataan  seperti "kalo aku gak mau jadi freelancer. Soalnya kamu bisa ditendang kapan aja kan..."
Yah...memang itulah resiko seorang freelancer. Tapi, menjadi freelancer juga tidak kurang-kurang mengajarkan banyak hal kepada saya. Jadi freelancer, membuat saya bertemu dengan berbagai macam orang, pembelajar dari berbagai kalangan. Yang sudah dewasa, seumuran, remaja bahkan yang masih kanak-kanak. Dan masing-masing membuka sudut pandang saya menjadi lebih luas lagi. Saya juga belajar beradaptasi dengan banyak orang, serta belajar memahami manusia dalam berbagai fase kehidupan, dengan cara dan selera belajar yang berbeda-beda. Menjadi freelancer juga membuat saya bebas untuk menata sendiri apa yang ingin saya kerjakan. Saya memanage semuanya, dan berusaha kuat untuk menghadapi apapun tanpa bergantung.
Hal yang paling penting dan mendidik saya selama bergulat dengan kehidupan sebagai freelancer adalah, saya belajar untuk tawakkal. Bahwa siapa yang menggaji saya? Semua Allah yang atur. Saya sudah sering membuktikan itu dan saya insya Allah akan selalu meyakini bahwa mau bekerja di kantor, di luar, tetap ataupun tidak tetap, semua rezeki saya sudah ada yg memberikan melalui caraNya sendiri. Dan saya hanya wajib berusaha, tidak boleh capek, mengeluh, apalagi berhenti. Saya akan terus bergerak. Dan menjadi freelancer, membuat saya selalu ingin melakukan yang terbaik karena Bos saya bukanlah 'bos' biasa 😊

Senin, 04 Maret 2019

Surat yang tak tahu harus kukirim kemana

Malam ini entah mengapa rasanya begitu sunyi...tak seperti biasanya. Kesedihan menyeruak. Suara apapun rasanya hanya semakin menjadikan sunyinya sempurna. Membuat aku kembali pada masa-masa itu. Perasaan apa ini?
Ya...aku...rindu...
Aku merasakan sebuah rindu yang sulit tuk dijawab. Pun sulit untuk dipahami...
Aku merindukan seorang wanita...
Yang kukenal dari bagaimana dia berpikir, bersikap. Dari bagaimana dia memperlakukanku. Dari bagaimana ia menghadapi kenakalanku. dari bagaimana dia bercerita tentang dirinya...
Dari bagaimana dia tersenyum...
---000---
Sungguh...dulu aku sering bertanya-tanya, mengapa Tuhan menakdirkan anak-anak memiliki ingatan kuat terhadap kenangan. Itu pernah membuatku sulit melupakan orang-orang yang pernah berbuat tak menyenangkan ketika aku kanak-kanak. 
Tapi...lambat laun aku menyadari, Tuhan memang sangat baik padaku...di sisi lain, aku selalu menyimpan kenangan indah masa kanak-kanakku dengan kuat. Salah satunya ingatanku tentangmu...wanita tua yang tak pernah menganggapku anak kecil.
Dia hidup dan mati dengan perjuangan keras...
Dan aku selalu berdoa, semoga semua kerja kerasnya telah melunasi semuanya.
Dia hidup dengan kisah cinta yang luar biasa. Dia telah memaafkan sejak awal...dia telah belajar banyak untuk menghadapi kehidupan yang kejam...kehidupan yang mungkin tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Kehidupan...yang dia hadapi dengan sekuat tenaga. Tanpa menjadi gila...tanpa putus asa...
Hidupnya penuh dengan ujian. Ditinggalkan orang yang dikasihi...menghadapi kehidupan yang keras sendiri...memulai segala sesuatunya dari 0.
Yah...tak ada yang meninggalkan dunia ini tanpa goresan sama sekali. Begitu pula dengan dia.
Dia menceritakan segala sesuatunya...dengan ringan...aku bahkan tak tahu bagaimana perasaannya setiap dia bercerita. Dia...bercerita seolah apa yang diceritakannya adalah cerita hidup orang lain. Dia tak pernah menganggapku anak kecil. Dia bicara padaku...seolah aku wanita dewasa. Padahal setiap malam dia yang menidurkanku dan meninabobokkanku.
---000---
Dia tak pernah marah, setiap kali aku memanggilnya dan merajuk karena dia meninggalkanku di kasur sendirian karena dia shalat subuh. Aku selalu protes...karena aku paling takut tidur sendirian di kamar. Tapi, dia tidak pernah marah dengan sikapku. Selesai shalat dia lepas mukenanya dengan sabar dan dia kembali tidur di sampingku...
---000---
Setiap kali aku hendak berangkat ke sekolah, aku ingat dia berkata "selamat jalan...selamat belajar..." kalimat, yang bahkan tak pernah kudengar keluar dari mulut siapapun. Hanya dia saja yang pernah mengucapkannya. Aku mendengar itu sebagai sebuah kalimat biasa...tetapi...barangkali, jika dulu aku mendapat peringkat 1 di kelas, mungkin itu salah satu hasil dari sugesti yang diucapkannya.
Aku bukan seorang manusia yang baik. Aku banyak berbuat salah kepadanya. Banyak. Sungguh tak mengerti bagaimana caranya aku meminta maaf kepadanya. Hari kami telah berbeda. Dia dimana, kapan aku bisa bertemu dengannya, bisakah seseorang memberikan kepastian?
---000---
Hari itu dia tak lagi bangun dari pembaringannya. Tapi dia masih bisa membuka mata. dia masih berbicara. Dia masih menyebut namaNya, tidak berhenti. seolah dia tak pernah merasa lelah. Jikalau itu hadiah dariMu untuknya, semoga kini dia berada di sisiMu yang namanya selalu disebutnya siang dan malam...
---000---
Pagi itu sama seperti beberapa waktu sebelumnya. Dia tak bisa lagi makan sesuatu yang berat. Dia bahkan sudah kesulitan untuk makan dan minum. Tapi, pagi itu, dia masih mau minum secangkir susu cokelat...
susu cokelat...
Susu cokelat yang aku suapkan sendok demi sendok kecil. Dia meminumnya sampai suapan terakhir susu itu habis. Tak seperti biasa...tapi hari itu aku merasa, barangkali dia akan sehat kembali setelah secangkir susu cokelat...
---000---
Namun takdir berkata lain...
Berpisah. Disitulah pertemuanku denganmu di dunia ini diselesaikan. Kau tidur begitu saja. dan ternyata bukan tidur saja. Kau tidak membuka matamu lagi. Berakhirlah cerita yang selalu kau sampaikan padaku. Aku tak bisa bertanya, dan aku tak lagi bisa memaksamu untuk bicara tentang siapa kau.
---000---
Mungkin hanya 11tahun...
Mungkin hanya 11 tahun aku mengenalmu. Tapi, kau menceritakan banyak hal yang uraiannya lebih dari 11 tahun lamanya. Kau memberikan bekal, yang bisa kubawa untuk berjalan lebih dari 11 tahun...
---000---
Siapakah cucu yang paling disayanginya?
Dia menyayangi semua cucunya.
Tapi, jika ditanya, siapa cucu yang paling disayanginya?
Jawabnya, bisa jadi menurut orang lain bukan aku.
Tapi, aku adalah cucunya yang paling beruntung. Karena aku yang paling banyak menghabiskan waktu di sisa-sisa akhir hidupnya. Mendengarkan kearifan-kearifan yang dia temukan di sisa-sisa waktunya. Menerima cinta-cinta terakhir di hidupnya. Sampai dia menutup matanya untuk istirahat yang panjang.
semoga ia beristirahat dengan bahagia. Istirahatlah...bahagialah...kau hanya perlu tersenyum saja melihat kehidupan dunia yang berjalan. biarkan mereka menjalaninya. Dan kau sudah menjalankan semuanya dengan keringat dan air mata. setidaknya kau sudah mematuhi Tuhanmu untuk tidak berputus asa. Untuk ikhtiar yang luar biasa tiada putusnya, sampai kau kembali padaNya.
---000---
Barangkali itulah yang malam ini membuatku merasa begitu sunyi dan sedih. Aku rindu! aku rindu sekali padamu!
Jika masih ada kau, mungkin aku akan lebih bisa melakukan yang terbaik daripada aku belasan tahun yang lalu...

Selasa, 08 Januari 2019

Tara

Aku tahu rasanya menjadi kamu
Yang mencintai, dan ingin diakui
Yang dicintai, tapi tak butuh pecinta yang ini
Maumu adalah dia, sang dewi...
Yang slalu kau puja hingga tiba pagi
Yang rupanya kau bayangkan saat menjemput mimpi
Yang senyumnya selalu kau simpan dalam memori
Yang selalu lari, sembunyi...
Membuatmu makin jatuh hati
Dia, yang kau torehkan beribu kali
Kau simpan dalam lubukmu rapi-rapi
Meski di luarnya kamu berusaha lari
Tapi apadaya dia candu yang buatmu kembali lagi
Meski mencintai terasa sakit setengah mati
Kamu jalani dengan harap yang bahkan tak pasti
Kamu tak peduli...
Jika ada yang datang mencintai
Kamu hanya mau satu, dia yang paling jelita
Ya...aku tahu rasanya...
Menjadi kamu yang sedang memuja
Melukai pun terasa sah-sah saja
Meski dia yang didamba tak jua menyatakan rasa
Ya tapi mau bagaimana
Yang dimau bukan di depan mata
Bukan yang nyata punya cinta
Sampai disana, mataku terbuka
Bahwa cinta kadang tidak sempurna kelihatannya
Manusia lebih suka mengejar yang didamba
Bukan menerima yang mencinta
Sabarlah...
Aku tahu rasanya

Karena aku mendambamu
Dan yang kau rasa sama yang kurasa
Aku memahami tak bisa memiliki
Melihatmu mencinta, kasmaran, merindu
Aku tahu rasanya semua itu
Itu yang kurasa tentangmu

Semarang, 9 Januari 2019
Meta Gesti Rahayu

Minggu, 18 November 2018

Bolehkah, aku numpang di kopermu?

みγͺさん、こころ、ε€§δΈˆε€«γ§γ™γ‹。

Tak perlu menanyakan, sebenarnya. Karena aku yakin こころmu ε€§δΈˆε€«γ˜γ‚ƒγͺい。perpisahan bukan hal yang menyenangkan. Meski sejatinya, bukan perpisahan, melainkan penundaan pertemuan. Dan sering kutemui wajah-wajah sedih mereka yang harus berjuang, jauh dari keluarga, jauh dari yang terkasih.

"Sensei, besok aku akan diantar keluarga. Tapi, sayangnya dia nggak bisa ikut...😒"

"Sensei, pulang dari Jepang nanti, aku mau segera menikah."

"Pulang dari Jepang nanti, aku akan segera bertunangan dengan dia."

Itulah sekeping mimpi yang dibawa oleh mereka. Pembelajar. Yang pergi ke negeri yang jauh, rela berpisah sementara dengan orang-orang terkasih, dengan harapan akan pulang membawa "oleh-oleh" terbaik.
Ilmu, harta. Dan aku berharap, mereka akan pulang membawa serta, iman.
Hidup di negeri orang, pahamilah, disitulah sebuah kesempatan besar untuk kita belajar mencari dimana "kekasih yang sebenarnya", berada. Disitulah kesempatan besar, untuk membuka hati dan pikiran kita untuk bertafakkur terhadap kebesaran dan sifat Pengasih PenyayangNya.

Kesetiaanmu, pada kekasihmu itu, jangan sampai kamu lepaskan hanya karena disana ada yang lebih baik di matamu. Dan, apalagi, kesetiaanmu terhadapNya, yang sungguh paling mahal diantara harta dan ilmu yang akan jadi "oleh-oleh"mu. Pulanglah menjadi manusia yang lebih baik, jangan pulang jika kamu tak membawa kebaikan.
Kopermu penuh dengan barang-barang yang akan kau butuhkan. Segala rupa kau siapkan. Iman, sudahkah kamu bawa serta?
Ataukah, dia tertinggal?
Negara itu, bisa saja merubah manusia yang datang. Jika kita datang, bukan sebagai manusia yang punya iman dan sadar, bahwa tanah itu, bukanlah tanah kebebasan yang membuatmu jauh dariNya, tak dapat menyentuhNya. Seolah kamu lepas dari jangkauanNya.

Jika demikian adanya, sungguh rugi...rugi...seharusnya kamu tak datang kesana, jika hanya untuk menjauhi Dia.

Kamis, 15 Desember 2016

My First Abroad #Part7 : 50 Fakta Jepang (versi saya)

Wew, ternyata tulisannya sudah sampai part 7. Mungkin saya kalap dan khilaf, nulis sebanyak ini. Hehehe. Tapi, dari sini saya menyadari satu hal guys, bahwa suatu cerita yang panjang memang lebih baik ditulis, sehingga kenangan itu bisa dibagikan ke banyak orang, kapanpun tanpa membuat kita lelah. Coba deh bayangin, mana sanggup saya nyeritain semua ini secara lisan? Trus, besok kalau mau cerita lagi, harus ulangin dari awal…hmmm…jadi menulis artikel ini adalah salah satu bagian dari mengabadikan momen hidup saya, selain dengan foto. Hehehe…

Pertama-tama, saya mau mengucapkan terimakasih kepada semua pengunjung blog saya ini. Semenjak saya share link blog saya ini ke Facebook, sudah beberapa orang mengunjunginya (saya lihat statistiknya naik!). Bahkan ada yang memberikan feedback berupa saran-saran kepada saya, terimakasih banyak! Meskipun sebagian besarnya masih Silent Reader, nggak apa-apa. Saya berdoa semoga postingan-postingan saya ini bermanfaat. Karena, tiada lain itulah tujuan saya^^

Begitu panjangnya part di postingan saya tentang “my first abroad” ini membuat saya merasa kasihan pada kalian guys, yang sudah membacanya capek-capek. Jadi, sebagai permintaan maaf saya, ini saya traktir teman-teman makanan yang saya highlight selama di Jepang. Supaya makanannya abadi dan bisa dinikmati kapanpun, maka saya tuangkan ke dalam foto juga. Hahahahaha (PHP)*tak ada yang abadi


Kalau sudah puas mantengin gambarnya, sekarang kita kembali ke benang merah.
Saya akan share beberapa fakta yang saya temukan selama berada di Jepang wal khususon Osaka. “penemuan nggak penting seseorang yang juga nggak penting”. XD
Oke, check this out!
  1.  Kebanyakan orang Osaka memiliki speed berjalan dan berbicara yang cepat.
  2. Kebanyakan orang Osaka ramah dan tidak takut pada orang asing. Jika Anda tersesat di jalan atau tidak dapat membaca peta, biasanya penduduk yang ditanyai akan dengan sabar menjelaskan, bahkan mengantarkan.
  3. Tidak boleh memotret seseorang (terutama anak-anak) dan mem-publish nya ke media sosial tanpa izin.
  4. Uang pecahan nominal terkecil di Jepang adalah ¥1 (dirupiahkan sekitar >Rp. 100) yang berupa koin, dan terbesar adalah ¥10.000 (dirupiahkan sekitar >Rp. 1.000.000) yang berwujud uang kertas.
  5. Uang kertas di Jepang tidak boleh robek atau lecek, karena tidak akan terbaca di jidouhambaiki atau vending machine atau mesin penjual (karena banyak mesin penjual otomatis di Jepang). jadi, jangan diremes-remes masukkin kantong ya! hehehe
  6. Kebanyakan sepeda motor yang ada di Indonesia diproduksi oleh perusahaan Jepang, tetapi di Jepang sendiri tidak banyak orang yang menggunakan sepeda motor.
  7. Sepeda motor yang digunakan oleh orang Jepang pada umumnya adalah sepeda motor tua (jika di Indonesia tampilannya seperti Honda Supercup) dengan kondisi yang terlihat masih prima, kemudian sepeda motor matic dan motor sport.
  8. Jarang sekali terdengar suara klakson.
  9. Jalan raya biasanya lengang, hanya di titik tertentu yang macet.
  10. Saat berhenti di lampu merah atau bahkan saat jalan macet, biasanya mobil akan berhenti dengan jarak yang cukup lebar dari mobil di depannya.
  11. Naik sepeda tidak boleh berboncengan.

  12. Lampu sepeda harus menyala pada malam hari.
  13. Parkiran sepeda, umumnya gratis.
  14. Di jalan raya, sepeda berjalan di trotoar tepi jalan.
  15. Jika sepeda hendak menyeberang, biasanya mengikuti lampu lalu lintas, dan kalau tidak ada, maka biasanya mobil akan mengalah dan mempersilahkan sepeda berjalan duluan. *tapi biasanya dua-duanya berhenti dulu, jangan asal srobot mentang-mentang pakai sepeda wkwk.
  16. Sepeda umumnya disertai kunci. Kalau tidak, bisa dicuri orang (yang khilaf).
  17. Hair dryer adalah barang penting bagi orang Jepang. seperti halnya shower dan air hangat. Hampir semua tempat tinggal pasti ada barang-barang perlengkapan mandi tersebut.
  18. Orang Jepang mandi 1x, pada malam hari sebelum tidur. Paginya biasanya hanya gosok gigi, cuci muka dan keramas.
  19. Di beberapa toilet umum, ada kloset yang dilengkapi dengan semprotan air dengan menekan tombol. Jadi, bahagialah jika menemukan toilet dengan kloset penuh tombol seperti ini. Tapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya selalu bawa air dan tisu basah.
  20. Di dalam kereta, kebanyakan orang Jepang, terutama anak muda akan diam dan menyibukkan diri sendiri. Biasanya mereka akan mendengarkan musik, membaca buku, main HP atau pura-pura tidur.
  21. Di Jepang, banyak cewek yang nembak cowok duluan.
  22. Banyak acara TV di Jepang yang menayangkan keindahan alam, kekayaan budaya dan sejarahnya. Saya sering menemukan siaran film kolosal dan juga reality show tentang survey mengenai ‘kehebatan’ Jepang di mata negara-negara lain (di episode kali itu, kru melakukan survey ke rumah-rumah tangga di berbagai negara dan menanyakan barang dengan brand Jepang apa yang mereka punya, dan itu semua rumah pasti punya) –saya rasa tayangan ini cukup mensugesti masyarakat untuk bangga terhadap negaranya-
  23. Di Jepang berlaku One Day School, jadi kalau kita naik kereta malam-malam, jam 9an, banyak anak-anak berseragam sekolah yang baru pulang.
  24. Anda yang mencintai makanan pedas, mungkin akan kesulitan mencari makanan pedas. Karena, orang Jepang umumnya tidak suka makanan pedas.
  25. Di Jepang, setiap hari ada gempa. Hanya saja, ada yang skala besar dan ada yang skala kecil, sehingga tidak disadari.
  26. Menurut statistik, ketika lulus SMA, tidak banyak orang Jepang yang melanjutkan ke jenjang kuliah. Diantara mereka ada yang bekerja, atau masuk ke sekolah vokasi/kejuruan.
  27. Sistem pendidikan dasar-menengah di Jepang sama seperti di Indonesia. SD 6 tahun, SMP dan SMA 3 tahun.
  28. Sejauh pengetahuan saya, di sekolah Jepang tidak ada program akselerasi.
  29. Di sekolah, anak-anak mempunyai jadwal piket untuk menyiapkan makan siang.
  30. Setelah makan siang, semuanya akan beres-beres. Tidak ada yang menganggur, semua anak mengerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Bahkan, saya melihat ada yang mengelap tangga dengan handuk basah. Sendirian lagi!
  31. Bukan berarti tidak ada minusnya ya! anak SMA di Jepang juga banyak yang tertidur saat pelajaran di kelas.
  32. Memakai masker adalah hal yang lumrah. Jika seseorang batuk atau bersin atau meriang di depan banyak orang, umumnya pasti segera pakai masker, mungkin supaya tidak menular ya.
  33. Meja-kursi di sekolah-sekolah formasinya 1-1 (1 anak 1 meja-kursi)
  34. Meja-kursi di sekolah-sekolah terbuat dari besi ringan dan kayu sehingga mudah dipindah-pindahkan apabila berkelompok atau guru ingin merubah formasi duduk di kelas. Selain itu, awet.
  35. Usia dewasa di Jepang adalah 20 tahun.
  36. Anak-anak kecil di Jepang sudah dibiasakan untuk mandiri dan mengurus keperluannya sendiri meski bertahap sedikit demi sedikit. Hal ini dapat dilihat di toko perlengkapan bayi, banyak dijual tas-tas ransel kecil, yang digunakan untuk anak-anak membawa barang keperluannya sendiri saat bepergian.
  37. Jepang sangat maksimal dalam memanfaatkan bidang di atas dan bawah tanah untuk transportasi, sistem sanitasi dan pengolahan sampahnya juga sangat bagus.
  38. Di Jepang, dewasa ini ada masalah yang disebut shoushika atau penurunan jumlah anak. *kapan-kapan kita sharing lebih banyak untuk yang ini di postingan lain.
  39. Jumlah manula di Jepang lebih tinggi dari angka kelahiran.
  40. Saat ini, harga barang di Jepang dikenakan PPN 8% (Indonesia 10%)
  41. Kebanyakan penduduk Jepang di kota besar tinggal di apartemen, mereka yang memiliki rumah pribadi biasanya adalah mereka yang memiliki kemampuan finansial cukup kuat. Hal ini berbalik dengan Indonesia ya! hehe.
  42. Menurut beberapa sumber, biaya hidup tertinggi di Jepang adalah Tokyo (ibukota sih ya soalnya hehe) dan terendah di Okinawa (tapi Okinawa letaknya agak terpisah dengan Jepang, dan mereka memiliki bahasa yang berbeda)
  43. Kereta di Jepang sangat terkenal dengan ketepatan waktunya. *mungkin hal ini juga yang secara tidak disadari mendidik orang-orang Jepang untuk disiplin terhadap waktu.
  44. Rata-rata siswa SMA-usia lulusan SMA di Jepang melakukan pekerjaan paruh waktu di restoran, toko, mini market, dll. Bahkan ada yang mengerjakannya sejak SMP.
  45. Uang yang didapatkan dari bekerja paruh waktu biasanya digunakan untuk bermain dengan teman-temannya, nonton konser atau ditabung, misalnya untuk berwisata ke luar negeri.
  46. Kebanyakan orang Jepang tidak menganut agama.
  47. Di Jepang ada banyak kegiatan volunteer yang sangat bermanfaat bagi masyarakat umum dan generasi mudanya.
  48. Ramalan cuaca adalah hal yang sangat diperhatikan oleh orang Jepang.
  49. Di Jepang umumnya tidak mengenal ‘uang tip’.
  50. Hampir semua orang, termasuk anak kecil di Jepang hafal nomor telepon polisi, pemadam kebakaran dan ambulans.
Pastinya masih banyak fakta-fakta lain mengenai negara Jepang yang lainnya. Bagi teman-teman yang tahu, boleh dong ditambahkan, terutama yang pernah stay di Jepang lebih lama share dong ‘penemuan’ baru mu! Semoga bermanfaat^^
Oke, sebenarnya masih banyaaak momen yang saya ingin share ke teman-teman. Tapi, saya belum bisa share sekarang. Mungkin di lain kesempatan, saya akan lanjutkan di part 8, 9, 10…. (yang nulis tremor, yang baca pingsan) hahaha…


P.S : silahkan di share, tapi sertakan source ya!

Selasa, 13 Desember 2016

My First Abroad #Part6

Sesuai dengan judulnya, postingan kali ini adalah lanjutan dari My First Abroad #Part5. jangan bosen-bosen yak…hehehe. 
Saya hari ini berfikir, kenapa sih postingan ini part nya banyak banget? Pahamilah perasaan saya, kawan, kalau disuruh menceritakan tentang kegiatan saya selama ikut program di Jepang, rasanya semuanya berkesan dan sangat penting bagi saya. Itulah juga sekaligus menjadi alasan, mengapa postingan tentang Jepang ini baru bisa saya post setelah 2 tahun lamanya wkwkwk. Saya bingung banget kalau disuruh milih mana hal yang menarik untuk diceritakan. Hehe, baiklah…silahkan dibaca yang menarik bagimu saja ya!

Oke, postingan kali ini, seperti yang sudah saya janjikan, saya akan bercerita tentang pengalaman saya dan teman-teman mengeksplor jepang, tepatnya di area Kansai. Yap, setelah sebelumnya dapat kegiatan seru bernama Osaka Orientation kami pun jadi tahu tentang jalanan dan sistem transportasi Jepang yang bisa dibilang sangat rapi dan mudah. Menurut saya, Osaka dan sekitarnya (Area Kansai) itu merupakan daerah yang sangat ramah wisatawan. Mengapa? Karena hampir setiap sudutnya memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mengeksplor daerahnya. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya peta dan denah tempat wisata yang dipasang di dinding tempat-tempat umum, hingga yang berupa pamflet-pamflet. Bukan hanya itu saja, tapi di setiap peta/denah tersebut juga disertakan jalur kereta api berbagai jenis dan trayeknya sehingga memudahkan wisatawan untuk dapat mengakses tempat tersebut tanpa kebingungan harus naik apa. Selain itu, transportasi di area ini juga didukung dengan adanya promo paket seperti yang namanya One Day Pass seperti yang pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya. Jadi, kita bisa mengakses alat-alat transportasi tanpa perlu beli tiket setiap mau naik. Utamanya kereta listrik semua jenis, biasanya sih Shinkansen atau kereta cepat tidak termasuk *kalau ini mah mahal wkwk. di beberapa jenis One Day Pass, ada juga yang menggratiskan biaya masuk tempat wisata. One Day Pass ini berlaku untuk area tertentu saja. Kali ini saya beli di Kansai Airport dan berlaku untuk perjalanan di area Kansai. Harganya 2,400 lumayan kan, daripada ribet beli tiket tiap masuk stasiun…hehehe. Kalau mau masuk tinggal tunjukkan saja ke petugas stasiunnya.

Kebetulan juga waktu itu dari sekolah kami diberi sebuah kartu bayar bernama ICOCA *wah nyebut merk nih wkwk. Kartu tersebut dapat digunakan untuk membayar tiket kereta dan membayar belanjaan. Tinggal di scan saja. Kali ini, saya dan teman-teman sudah merencanakan untuk mengeksplor area Kansai. Setelah merencanakan matang-matang, karena One Day Pass hanya berlaku satu hari (namanya aja one day ya wkwk) maka kami putuskan memaksimalkan waktu 1 hari itu supaya dapat mendatangi semua wilayah Kansai.

Berangkat dari Senta jam 5 pagi (pagi buta wkwk). kami pinjam sepeda Senta untuk dipakai ke stasiun Rinkuu Town. Saya masih inget banget gimana bapak Security memasang ekspresi kaget karena pagi buta sudah ada yang pinjam sepeda. Kami pun berangkaaaat!!

Singkat cerita sampai di stasiun Rinkuu Town kami naik kereta satu kali ke Kansai Airport Station untuk ke counter One Day Pass. Setelah tiket ada di tangan, kami mempelajari sebentar beberapa rute yang tertulis di sana dan kemudian kami mulai perjalanan. Pertama-tama, kami ke….

NARA. Yeeeeaaaaaayyyy….!!!!

Kalau saya tidak salah ingat, kita harus 2x norikae atau oper kereta (haiyah oper…udah kayak kernet angkot aja nih wkwk). naik Tokkyuu (kereta listrik yang hanya berhenti di stasiun tertentu) kemudian turun di stasiun Nara. Waktu naik kereta ini, tiba-tiba teman-teman cowok pada lari keluar, kirain ada apaan, ternyata kita salah masuk ke gerbong khusus wanita wkwk. akhirnya kami pindah ke gerbong lain. Sampilah kami di Nara!!!


Waktu itu suhu udaranya cukup dingin, maklum…sebentar lagi sudah musim dingin. Dari stasiun, kami berjalan menuju ke Nara Kouen atau taman Nara. Cukup jauh jalannya (jalan berkilo-kilo adalah hal yang biasa bagi orang Jepang), jadi jalannya santai aja sambil lihat-lihat pemandangan, ya nggak? Haha. Kalau dengar Nara Kouen, maka yang akan langsung tersirat adalah Rusa!

Yap…di sana ada banyak rusa yang dilepas dan kita bisa main-main sama mereka! 


Di sepanjang jalan rusanya ada banyak da nada juga penjual Senbei, itu untuk wisatawan yang mau memberi makan rusanya. Hawanya dingin, dan daun-daunnya sudah memerah semua…deuuh…


Ada Nara National Museum juga, tapi kami nggak kesana. 


Meskipun taman-taman luas ini dilalui oleh jalan raya, tetapi kendaraan-kendaraan yang melaju akan langsung berhenti ketika ada rusa yang hendak menyeberang jalan. Di pinggir jalan raya yang cukup lengang tersebut, terdapat banyak toko dan retoran, dan di beberapa restoran terlihat barisan panjang orang-orang yang antri untuk beli makan. Antriannya super panjang sampai jauh, kayak antrian di pom bensin ketika BBM naik, serius! Dalam hati saya, “itu sabar banget yak mau makan aja ngantri segitu panjang” tapi itulah kenyataannya.

Lanjut jalan terus, kami menuju ke kuil tua di Nara yaitu Todaiji. Kali ini saya dan beberapa teman memutuskan untuk tidak masuk karena kami lelah. Kami berniat untuk duduk-duduk di bawah pohon sambil makan kecil dan foto-foto, sembari menunggu teman-teman lain yang masuk ke kuil.



Keluar dari Nara kami cari makan. Mengusahakan mencari yang halal. Hehehe. Tapi seperti kita tahu, susah sekali. Bahkan roti sekalipun juga belum tentu halal. Setelah mutar-muter kesana kemari dan lemes, kami pun memutuskan untuk makan daging yang ‘boleh’ dimakan saja. Kami makan nasi karage dan ramen (ramen? Ya…niatnya waktu itu karena ada teman yang beda agama, saya mau makan nasinya aja, trus ramennya buat temen. Tapi kemudian sama waitress nya ditanyain mau pakai kaldu sayur? *sepertinya dia tau saya nggak boleh makan babi), akhirnya dimakan jugalah itu ramen. Semoga halal beneran. Heuuuu…

Keluar dari Nara, kami menuju ke Kyoto. Dari Nara ke Kyoto agak jauh, bisalah dipakai buat tidur-tidur dulu wkwk. sore sekitar jam 3an kami sampai di stasiun Kyoto. Kemudian norikae ke stasiun Fushimi Inari, yap kami akan ke Fushimi Inari Shrine lagi! Karena waktu Study Tour itu hanya sebentar, kami ingin berlama-lama. 

Selesai dari sana, kami bingung mau kemana karena sudah sore. Sebenarnya rencana kami mau mengunjung Nara-Kyoto-Kobe. Tapi karena waktu tidak memungkinkan, kami pun meng-cancel Kobe (huhuhu). Akhirnya, diputuskan kembali ke Osaka, karena waktu itu teman-teman ada yang belum pernah ke Umeda Sky Building dan kami khawatir kalau ke Kobe akan terlambat kereta pulang, malam itu jam setengah 7 kami ke Umeda. Kali kedua saya naik ke Umeda Sky Building dan kali ini malam hari.

ada Ilumination!

Selesai…pulang…

Lalu bagaimana dengan Kobe???

Saya belum menyerah…

Minggu terakhir sebelum pulang ke Indonesia, saya, seorang teman (Luh novi) dan seorang dosen (Nur Sensei), janjian untuk pergi keliling kansai lagi. Sama seperti sebelumnya, berangkat pagi-pagi (kali ini naik bus nya Senta), kami membeli tiket One Day Pass. Destinasi pertama, Nara. Sebelumnya, di stasiun Osaka, kami janjian untuk bertemu teman lain (mahasiswanya Nur Sensei). 2 orang, 1 Indonesia dan 1 Jepang. kali ini, saya menyempatkan diri masuk ke kuilnya. Wow…di dalamnya bagus banget! Masuk ke kuil, ada patung Budha besar sekali, dan banyak patung-patung dan replica dari pahatan kayu. Bangunan ini semuanya terbuat dari kayu, dan kalau tidak salah adalah bangunan kayu tertua di dunia.

ngangetin badan, makan Kitsune Udon di Nara Kouen 


Ada tantangan nih… ada lubang di tiang kayu bangunannya, kamu bisa nggak  nerobos masuk kesana?

Oke, selesai dari Nara, kami lanjut kembali ke Osaka. Hari sudah agak sore. Kami jalan-jalan sebentar di sekitaran Abeno Harukas, ke mall di sekitarnya kemudian mencoba foto Purikura (yang sudah pernah saya sebutkan sebelumnya). Ini hasil fotonya…

Selesai dari Osaka, hari sudah petang, tapi menurut Mahasiswa Nur Sensei, Chiari-chan dan Mas Ibnu, masih cukup waktu untuk ke Kobe. Akhirnya kami menuju ke sana. Tapi, ternyata Chiari tidak ikut, dan kami berpisah di Osaka. Semoga suatu saat bisa bertemu lagi^^

Sampai di stasiun Kobe. Wah…ini udaranya paling dingin dibandingkan yang lain. Saya pun mulai nggak tahan. 2 jaket saya rangkap supaya tidak kedinginan. 

Kami berjalan menuju ke Masjid Kobe. 

Ketika masuk ke dalam perkampungan dimana Masjid Kobe berada, saya melihat disana banyak orang muslim dari timur tengah, Malaysia, dan lain-lain. Sayangnya masjid ditutup, kami bingung harus apa. Wkwk. sejenak kemudian, seorang  bapak-bapak timur tengah menghampiri kami dan memberitahu bahwa sebentar lagi aka nada sholat Isya’ berjamaah. Mau ikut nggak? “Silahkan masuk lewat pintu sana dan ambil wudhu.” Katanya, sambil menunjuk pintu lain. Wkwk. kami pun masuk dan menuju ke tempat wudhu di lantai 2, untuk jamaah wanita. Bagus banget bagian dalam masjidnya! Fasilitasnya juga sangat terawat! Kami bertemu 2 orang wanta dari India yang juga akan sholat. Sister Muslim nih ya^^



Selesai sholat kami mampir ke toko di depan masjid,bertemu bapak timur tengah tadi, kami pun berbincang sedikit, kemudian mata saya langsung blink-blink lihat ternyata tokonya menjual bahan makanan halal timur tengah-melayu. saya pun membeli *nd*mie (yang disini jadi makanan yang sangat ngangenin) dan juga bumbu masak. Kobe adalah sebuah kota yang cantik dan modern. Terlihat ketika kami berjalan menuju ke stasiun untuk pulang ke Senta, kami makan di sebuah taman dan menikmati pemandangan malamnya. Ditemani beberapa anak muda yang menggelar pertunjunkan dance, rap dan band.

Tapi jujur…saya belum puas mengeksplor Kobe…kobe masih begitu ‘misteri’ bagi saya. Semoga suatu saat saya bisa kembali kesana untuk memecahkan misteri itu.

Sampai ketemu di Part 7 ya!